makam Monalisa telah ditemukan

Posted: 21 Mei 2011 in TECHNO

Rahasia sosok di balik lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci mulai terkuak. Sejumlah arkeolog mengklaim telah menemukan tengkorak yang diduga tengkorak si Mona Lisa. Mereka menemukan tengkorak tersebut ketika menggali sebuah biara tua di Florence, Italia.

Para arkeolog menduga tengkorak dalam makam di bawah biara St. Ursula itu adalah milik Lisa Gherardini Del Giocondo, sosok yang diduga Mona Lisa. Sejumlah ilmuwan yakin Lisa Gherardini adalah orang di balik senyum misterius lukisan da Vinci. Tengkorak itu memiliki ukuran tengkorak seorang perempuan.

tengkorak yang di temukan di biara St. Ursula italia diduga tengkorak Monalisa

Saat ini, para arkeolog tengah membandingkan DNA dengan dua tulang anaknya yang dikubur tak jauh dari makam tersebut. Jika benar tengkorak tersebut milik Mona Lisa, seniman forensik akan melakukan rekonstruksi wajah untuk membandingkan dengan lukisan da Vinci yang telah berusia 500 tahun. Bila berhasil, teka-teki Mona Lisa bisa terpecahkan.

“Sekarang kami belum bisa memastikan tulang tersebut milik siapa,” kata arkeolog yang menjadi pimpinan penggalian ini, Silvano Vinceti. “Tapi, penemuan ini membuktikan hipotesis kami bahwa ada tulang manusia di biara St. Ursula dan kami yakin di antara tulang itu milik Lisa Gherardini.”
Penemuan tengkorak ini tak mudah. Para arkeolog menggunakan bantuan radar, map kuno, serta beberapa dokumen. Tengkorak itu pun berada di bawah lapisan lantai setebal 90 sentimeter. “Temuan ini sungguh sebuah penemuan penting, kami sangat senang, riset kami terbukti,” kata Vinceti.
Lisa Gherardini meninggal pada 1542. Dia adalah istri dari saudagar sutra kaya raya Francesco de Giocondo. Di Italia, Mona Lisa dikenal sebagai La Gioconda. Beberapa sejarawan sepakat Mona Lisa adalah Lisa de Giocondo yang menjadi biarawati setelah suaminya wafat. Dia meninggal di biara pada 15 Juli 1542 di usia 63 tahun.
Pasangan Giocondo ini menikah pada 1495, saat itu Lisa berusia 16 tahun dan Fransesco berusia 35 tahun. Beberapa ilmuwan menduga lukisan da Vinci ini adalah sebuah potret untuk menandakan kehamilan Lisa. Lukisan tersebut mulai dibuat sekitar 1503 dan 1504, tapi lukisan ini baru selesai pada 1519 setelah da Vinci pindah ke Prancis. Lukisan Mona Lisa adalah milik pemerintah Prancis dan ini adalah lukisan paling terkenal di dunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s