Ada-ada Ajah…Misi “Bertani” Mentimun di Luar Angkasa

Posted: 7 Juni 2011 in TECHNO

Astronot pesawat Rusia, Soyuz TMA 02M, yang akan diluncurkan pada Rabu (8/6/2011) dari Kosmodrom Baikonur, Kazakhstan, kini punya mimpi baru. Mereka berharap bisa memakan salad dengan mentimun dan tomat yang ditumbuhkan di luar angkasa, tepatnya di Stasiun Antariksa Internasional  (International Space Station/ISS).

Dalam konferensi pers sebelum peluncuran yang digelar hari ini, astronot Jepang yang ikut misi Soyuz, yakni Satoshi Furukawa, mengatakan rencananya untuk bertani mentimun di angkasa. Harapannya, suatu saat mentimum hasil panen bisa dimakan.

Selain mentimun, akan ditumbuhkan pula tomat. Kosmonot Rusia, Sergei Kolkov, yang bertanggung jawab dalam penanaman tomat itu mengatakan bahwa ia pun sangat ingin menikmati salad yang terbuat dari sayuran yang ditumbuhkan di angkasa itu. Akan tetapi, untuk sampai pada tahap itu masih butuh waktu lama.

“Kami ingin memakannya, tetapi untuk saat ini kami belum diizinkan,” ungkap Furukawa, seperti dikutip Voice of Russia hari ini (6/6/2011).

Saat ini, tujuan utama menumbuhkan mentimun adalah meneliti hormon pertumbuhan. Pesawat Soyuz TMA 02M yang akan diluncurkan ke ISS pada Rabu nanti akan membawa beberapa awak. Selain Furukawa dan Volkov, pesawat ini akan membawa astronot NASA, Michael Fossum. Misi bertani mentimum sendiri akan dimulai dalam beberapa bulan ke depan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s