Lima Gelas Kopi Perhari Bisa Membuat Kita Sering Berhalusinasi

Posted: 8 Juni 2011 in HEALTH

La Trobe University di Melbourne Australia merilis penelitian terbaru tentang efek kecanduan kopi. Hasilnya, lima gelas kopi sehari cukup membuat mereka mendengar bunyi-bunyian yang tidak pernah ada atau berhalusinasi.

Penelitian ini dilakukan terhadap 92 orang untuk mengetahui efek konsumsi kafein yang berlebih dalam kopi. Setelah diteliti, kafein menyebabkan seseorang mendengan bunyi-bunyian yang tak pernah ada.

Misalnya seseorang yang mengkonsumsi 5 gelas kopi sehari mengaku mendengar lagu White Christmas dari Bing Crosby. Padahal tidak pernah ada lahu itu selama penelitian.

“Risiko kesehatan dari kecanduan kopi perlu diatasi,”kata Profesor Simon Crowe, peneliti dari La Trobe University dalam Daily Mail, 7 Juni 2011.

Menurut Crawe efek ini diberi nama psychosis-like sympton. Gejala ini disebabkan oleh perpaduan kafein dan efek stres dari lingkungan sekitar. Selain membuat halusinasi tidak disebutkan apa dampak jangka panjang mengkonsumsi kopi berlebihan ini.

Sebelumnya penelitian Fakultas Kedokteran dari University Nevada membuktikan kafein berbahaya bagi kesehatan wanita. “Bisa menggangu kesuburan wanita,” kata Peneliti Utama Sean Ward kepada MyHealthNewsDay, 26 Mei 2011.

Menurut Ward, konsumsi kafein bisa mengurangi aktivitas otot-otot di saluran telur wanita, terutama dalam membawa ovum menuju indung telur. “Kafein menghambat kontraksi otot sehingga telur tidak bisa dibuahi,”katanya. Artinya, perempuan itu mandul.

Berikut ini beberapa cara untuk mengurangi asupan kopi, tanpa membuat hari-hari Anda jadi tak bersemangata:

Pilih hari tanpa kopi. Pilih satu hari dalam sepekan ketika Anda tidak supersibuk hingga bisa menggantikan jatah waktu kopi dengan tidur siang barang sejenak.
Setelah itu mulailah mengurangi separuh asupan kopi dalam sehari, yang biasa Anda minum sebelumnya, lalu pantang minum kopi setelah pukul 14.00.
Ganti kopi pagi hari dengan teh hijau, yang meski juga mengandung kafein tapi dosisnya sangat rendah dan sangat tinggi kadar antioksidannya.
Suka minuman berkarbonasi? Ganti dengan soda biasa yang dicampur dengan perasan lemon atau jus buah segar.
Tingkatkan asupan vitamin B, seperti dari bayam atau sereal gandum utuh, untuk mendongkrak energi yang biasanya Anda dapatkan dari kafein.
Hati-hati terhadap kafein yang bersembunyi di produk minuman energi, es krim, atau cokelat. Cari sumber energi lain, misalnya dengan berolahraga.
Minum banyak air putih untuk menggelontorkan kafein dari sistem tubuh Anda dan mengurangi sakit kepala serta sembelit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s