Negara – Negara Yang Akan Hancur Kalau Asteroid Jatuh Ke Bumi

Posted: 30 Juni 2011 in TECHNO

Ilustrasi

Sebuah tim ahli dari Universitas Southampton, Inggris, membuat daftar negara-negara yang bakal hancur dan kehilangan banyak nyawa warganya jika asteroid dalam ukuran besar jatuh ke Bumi.

Di negara-negara dengan jumlah penduduk amat besar, bakal ada jutaan orang yang terbunuh akibat ledakan asteroid yang menghujam ke dalam tanah. Negara-negara yang bakal mengalami jutaan orang tewas adalah Amerika Serikat, Cina, Indonesia, India, dan Jepang.

Adapun ledakan asteroid bakal mengakibatkan kehancuran terburuk di negara-negara, seperti Amerika, Kanada, Cina, Jepang, dan Swedia. Laporan ini muncul sepekan setelah asteroid sebesar rumah melintas dalam radius 7.500 kilometer dari planet kita. Sebelumnya, asteroid berukuran setengah lapangan bola berada di 12.000 kilometer dari Bumi.

Daftar ini dibuat dengan menggunakan peranti lunak NEOImpactor. Menurut penciptanya, Nick Bailey dari Universitas Southampton, serangan asteroid merupakan bencana alam terbesar yang mungkin dihadapi oleh umat manusia. “Akibatnya bagi penduduk dan infrastruktur benar-benar mengerikan,” katanya.

Bahkan, ia mencontohkan asteroid yang jatuh di daerah terpencil Sungai Tunguska, Rusia, pada 1908, juga berdampak terhadap wilayah berpenduduk. Jadi, kata dia, bisa dibayangkan bila asteroid berukuran besar menimpa Kota London.

Para ahli selama ini meyakini jatuhnya asteroid berdiameter hingga 161 kilometer dengan kecepatan 25 ribu kilometer per jam telah memusnahkan kehidupan dinosaurus 65 juta tahun lalu. Tumbukan asteroid itu menimbulkan ledakan berkekuatan 100 juta ton.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s