Waah…Survey Terbaru Ternyata Gajian Banyak Picu Kematian

Posted: 5 Juli 2011 in ANEH & UNIK

Ilustrasi

Angka kematian melonjak saat atau selama sepekan setelah hari gajian, kata seorang peneliti Amerika Serikat.

Menerima tambahan uang di rekening bank seringkali menjadi penyebab bagi prilaku yang bisa merenggut jiwa, kata ahli ekonomi dari University of Notre Dame, William Evans.

“Setelah menerima gaji, orang jadi lebih aktif mereka pergi makan makan, menuju toko, lebih sering mengemudi, pergi ke bar, dan lain-lain,” kata Evans sebagaimana dikutip Xinhua.

Ia mengambil kesimpulan itu setelah meneliti jutaan catatan kematian dari empat kelompok demografik utama personel militer, orang yang menerima cek potongan pajak, orang yang berusia lanjut dan hidup dari jaminan sosial, dan penerima dividen Permanent Fund di Alaska.

Kendati ada beragam demografik dan seringnya pembayaran, angka kematian melonjak pada masing-masing kelompok tak lama setelah hari gajian, kata Evans.

Peningkatan terbesar terjadi pada kematian yang diakibatkan oleh penyalahgunaan obat, penyebab dari luar bermacam jenis kecelakaan dan serangan jantung, kata Evans di dalam studi yang disiarkan di edisi terakhir Journal of Public Economics.

Orang jadi lebih aktif secara fisik segera setelah mereka menerima uang tambahan di kantong mereka, yang bisa mengarah kepada serangan jantung, katanya.

“Sebagian prilaku ini secara melekat berisiko, seperti minum terlalu banyak atau mengemudi dalam keadaan mabuk. Sebagian kegiatan tersebut secara alamiah akan meningkatkan risiko jika orang lebih sering mengemudi, resiko mengalami kecelakaan mobil telah meningkat,” katanya.

“Sebagian kaitan itu tak terlalu nyata,” tambahnya. “Misalnya, kegiatan yang bertambah bisa mendorong serangan jantung. Dan sebagian lagi beresiko jika dilakukan, seperti penyalahgunaan obat.”

“Orang benar-benar tampak menghemat energi merka ketika mereka mendapat bayaran,” Evans.

Namun, tak menerima cek pembayaran juga bukan penyelesaian yang sesungguhnya.

“Itu bukan berarti orang tak perlu menerima cek pembayaran atau yang seperti itu,” kata Evans. Tapi orang mungkin ingin berfikir dua kali mengenai mengemudi pada Jumat malam, setelah mendapat bayaran.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s