Waspada…Serangga Pembunuh Udah Mulai Menyerang Dan Mengancam

Posted: 5 Juli 2011 in SAINS

Warga Indianapolis ketakutan pada serbuan hama serangga. Sejumlah serangga ini telah mematikan pohon-pohon abu di Indiana.

Nearby Hancock County menjadi salah satu dari empat tempat baru di Indiana yang mengalami serbuan hama serangga ini. Indianapolis Star melaporkan, serangga ini pertama kali dideteksi pada 2004 di timur laut Indiana.

Kementrian Sumber Daya Alam Indiana mengatakan, serangga penghancur ini kini mendiami hampir setengah bagian dari negara bagian Amerika Serikat (AS) tempat 20-30% atau sekitar 153 juta pohon abu diinfeksi hama Asia ini.

Serangga berwarna hijau gelap metalik ini merupakan serangga asli China. Serangga ini pertama kali muncul di AS di akhir 1990. Serangga ini bersembunyi dalam pohon dan mengonsumsi nutrisi yang ada di dalam pohon melalui sistem vaskular pohon.

Alhasil, pasokan air dan makanan pohon pun terputus. Pohon kemudian menjadi kelaparan dan akhirnya mati dalam lima sampai delapan tahun. Para ahli sendiri mengaku masa depan pohon-pohon yang ada terancam serangga bernama Emerald Ash Borer (EAB).

“Butuh bertahun-tahun bagi pohon ini agar terbebas dari serangga ini. Parahnya, butuh bertahun-tahun tambahan lagi bagi pohon untuk kembali normal,” ujar Direktor Divisi Enromologi dan Patologi Tanaman Indiana Philip Marshall.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s