Kendari

Kota Kendari adalah ibu kota provinsi sulawesi tenggara, indonesia. Kota kendari diresmikan sebagai kotamadya dengan uu ri no. 6 tahun 1995 tanggal 27 september 1995.

Penemu, penulis dan pembuat peta pertama tentang kendari adalah vosmaer (berkebangsaan belanda) tahun 1831. Pada tanggal 9 mei 1832 vosmaer membangun istana raja suku tolaki bernama tebau di sekitar pelabuhan kendari dan setiap tanggal 9 mei pada waktu itu dan sekarang dirayakan sebagai hari jadi kota kendari.

Pada zaman kolonial belanda kendari adalah ibukota kewedanan dan ibukota onder afdeling laiwoi. Kota kendari pertama kali tumbuh sebagai ibukota kecamatan dan selanjutnya berkembang menjadi ibukota kabupaten daerah tingkat ii berdasarkan undang-undang nomor 29 tahun 1959, dengan perkembangannya sebagai daerah permukiman, pusat perdagangan dan pelabuhan laut antar pulau. Luas kota pada saat itu ± 31.400 km².

Kota kendari terletak di jazirah tenggara pulau sulawesi. Wilayah daratannya sebagian besar terdapat di daratan, mengelilingi teluk kendari dan terdapat satu pulau, yaitu pulau bungkutoko, secara geografis terletak di bagian selatan garis khatulistiwa, berada di antara 3º54’30” – 4º3’11” lintang selatan dan 122º23’ – 122º39’ bujur timur.

RENTAL MOBIL DI KENDARI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s